Selasa, 07 September 2010

Peluncuran Nokia X3

Posts Tagged ‘Nokia X3’

Nokia World 09: Luncurkan generasi ponsel musik baru dan N97 mini


nokia-world-09

Di ajang Nokia World 09 yang kali ini diadakan di Stuttgart, Jerman, Nokia meluncurkan dua buah ponsel musik seri baru, Xseries, yaitu X6 dan X3, serta versi mini dari N97 yang literally disebut “N97 Mini”. Peluncuran ketiga ponsel baru ini menambah informasi produk-produk baru Nokia, setelah beberapa waktu yang lalu juga menginformasikan seri netbook barunya, Booklet 3G, dan penerus seri Maemo Linux, N900.

Peluncuran tiga ponsel ini mengukuhkan Nokia untuk fokus ke area multimedia. Didukung oleh Ovi Store dan fitur Comes with Music, Nokia berusaha bersaing keras dengan Apple dan iTunes-nya di ranah musik (dan toko aplikasi berbayar secara online). Xseries merupakan penerus seri XpressMusic, yang sebelumnya sukses dengan seri 5800-nya. X6 akan dipersenjatai dengan Symbian S60 5th edition (sebagaimana N97 dan 5800), sedangkan X3 yang berbentuk sliding akan ditulangpunggungi oleh Symbian S40. N97 Mini sendiri secara umum tidak jauh berbeda dengan “kakaknya”, hanya bentuknya saja yang lebih kecil.

Nokia N97 Mini akan hadir mulai bulan Oktober depan dengan harga EUR 450 (IDR 6.5 juta) sebelum pajak dan subsidi. Nokia X6 dan X3 akan hadir di Q4 tahun ini (mungkin akhir tahun) dengan harga masing-masing EUR 459 (IDR 6.6 juta) dan EUR 115 (IDR 1.7 juta), sebelum pajak dan subsidi.

Secara umum, mungkin penjualan ponsel seperti ini akan *cukup* laris di pasar global, terutama di Asia dan Eropa. Tapi saya tekankan lagi bahwa Nokia walaupun tetap masih menjadi market leader, dia tidak lagi menjadi market mover. Apakah ponsel seperti ini akan bersaing dengan ponsel multimedia lainnya? Kita tunggu saja.


sumber : blog.fring.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar